Mengatur keuangan keluarga sangat penting dilakukan untuk mendapatkan kebebasan finansial. Jika Anda tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, kondisi finansial mungkin akan terganggu, sehingga pengeluaran akan lebih besar daripada pemasukan.

lifepal.co.id

Namun, mengatur keuangan keluarga bukanlah hal mudah bagi kebanyakan orang. Ada saja keperluan dadakan yang membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan dengan baik.

1. Terbuka dan jujur dengan pasangan

Keterbukaan merupakan kunci keharmonisan dari sebuah hubungan. Apalagi uang merupakan isu yang sensitif, sehingga pastikan Anda jujur soal keuangan. Setiap orang pasti memiliki pandangan yang berbeda tentang penggunaan uang dan kebutuhan yang diutamakan. Jadi, pastikan Anda jujur dengan pasangan mengenai jumlah uang yang digunakan dan untuk apa saja.

Jika terjadi perbedaan pendapat tentang kebutuhan yang diprioritaskan, pastikan untuk mendiskusikannya dengan baik dan jangan langsung emosi.

Anda tidak perlu melarang atau membatasi pengeluaran pasangan jika memang digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Tidak ada salahnya untuk memberikan kepercayaan pada pasangan untuk mengatur keuangannya sendiri.

2. Memilih asuransi yang tepat

Kesehatan merupakan hal yang penting untuk dijaga. Ketika sakit, Anda akan mengeluarkan banyak uang untuk berobat. Hal inilah yang membuat Anda memerlukan asuransi keluarga.

Sebelum memilih produk asuransi yang tepat, Anda harus memperhatikan reputasi dari perusahaan asuransi tersebut. Jangan sampai Anda membayar premi dalam jumlah besar, tetapi hanya mendapatkan manfaat yang sedikit.

Sebaiknya pilihlah produk asuransi yang memiliki pelayanan perawatan yang tersebar cukup luas, sehingga memudahkan saat ingin berobat. Selain itu, pastikan memilih produk asuransi yang memberikan kemudahan dalam proses klaim.

Jika kesulitan dalam memilih asuransi yang tepat, Anda dapat mengunjungi Lifepal.co.id. Lifepal merupakan marketplace asuransi pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai asuransi, mulai dari asuransi kesehatan hingga asuransi jiwa.

Anda akan dibantu untuk memilih asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Ada banyak kemudahan yang ditawarkan saat memilih asuransi melalui Lifepal. Salah satunya adalah pelayanan yang cepat. Anda akan mendapatkan kenyamanan dan kemudahan memilih asuransi layaknya belanja online.

3. Mempunyai dana darurat

Untuk mengatasi munculnya masalah keuangan, Anda perlu mempersiapkan dana darurat. Dana darurat yang perlu dipersiapkan adalah sebesar 6 sampai 12 bulan pengeluaran.

Anda dapat mengumpulkan dana darurat dengan memotong pengeluaran yang tidak penting. Kurangilah membeli keperluan yang tidak penting. Selain itu, Anda juga dapat membatasi membeli mainan anak.

Ketika mempersiapkan dana darurat, Anda harus menentukan jumlah dan tempat penyimpanannya. Pastikan memilih produk keuangan yang mudah diambil. Biasanya banyak orang yang memilih menyimpan dana darurat dalam tabungan, deposito, emas, dan reksa dana.

4. Disiplin mencatat keuangan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan keluarga adalah disiplin mencatat keuangan. Dengan mencatat keuangan, Anda akan mengetahui kebocoran-kebocoran yang luput dari perhatian, tetapi berdampak besar terhadap kondisi keuangan.

Banyak pengeluaran-pengeluaran yang dianggap sepele dan tidak diperhatikan, seperti membayar parkir dan ojek, ataupun uang jajan tambahan. Jika diakumulasikan dalam sebulan, pengeluaran-pengeluaran tersebut jumlahnya akan cukup besar.

Dengan disiplin mencatat keuangan, diharapkan Anda bisa patuh terhadap budget yang sudah disiapkan. Dengan begitu tidak sampai terjadi defisit keuangan.

5. Memiliki anggaran rumah tangga

Mengatur anggaran rumah tangga sangat penting dilakukan agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. Jika pengeluaran lebih besar, maka keuangan keluarga akan mengalami masalah.

Ada dua hal yang dapat dilakukan agar keuangan tidak bermasalah, yaitu mencari pendapatan tambahan atau menghemat pengeluaran. Jika kedua unsur tersebut dilakukan, maka keuangan Anda tidak akan defisit.

Pastikan Anda mengatur anggaran rumah tangga dengan baik, sehingga Anda dapat menyisihkan uang untuk menabung. Selain itu, Anda juga perlu menyisihkan uang untuk memenuhi kebutuhan mendadak. Tidak ada salahnya untuk menyisihkan sedikit uang untuk melakukan rekreasi.

6. Membuat prioritas keuangan

Membuat skala prioritas sangat penting agar Anda dapat fokus pada 1 tujuan. Fokuslah untuk mewujudkan 1 tujuan. Jika telah tercapai, barulah Anda dapat fokus pada tujuan lainnya. Skala prioritas pertama yang perlu Anda wujudkan adalah memiliki keamanan finansial. Setelah hal tersebut tercapai, skala prioritas kedua yang perlu diwujudkan adalah kenyamanan finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *