9 Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan Untuk Karyawan

Salah satu kunci yang paling jitu agar Anda tidak menjadi sengsara di akhir bulan adalah dengan menghemat uang belanja bulanan. Teori saja sebetulnya mudah yang susah adalah menjalankannya. Namun, Anda juga tidak boleh menyerah begitu saja demi kesejahteraan hidup di era yang dapat datang.

southgate.id

Berikut ini beberapa tips belanja hemat dan  mengelola uang dengan baik :

  1. Buatlah anggaran bulanan

Mulailah untuk membuat anggaran bulanan Anda. Setiap orang tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, disinilah Anda harus harus pandai didalam mengatur kebutuhan apa yang sebetulnya harus dibutuhkan dan kebutuhan apa yang tidak terlalu dibutuhkan.

Buat anggaran bulanan dengan membagi menjadi dua kelompok yaitu kebutuhan primer seperti  cicilan rumah, tagihan listrik, tagihan air, makanan, cost untuk bekerja,  tagihan kendaraan, dan lain sebagainya. Dan kebutuhan tersier seperti hang out, travelling, shopping, dan lain masih banyak lagi yang lainnya.

Yang diprioritaskan adalah kebutuhan primer dikarenakan kalau tidak dapat dipenuhi Anda dapat menjadi kesusahan. Jika sebetulnya kebutuhan primer Anda sudah aman didalam satu bulan, barulah Anda dapat membuat anggaran kebutuhan tersier untuk bersenang-senang.

  1. Segera bayar tagihan Anda

Catatlah segala tagihan yang Anda memiliki saat ini dikarenakan itu merupakan perihal yang terlampau penting. Jangan sampai Anda lupa untuk membayar tagihan dan selanjutnya Anda yang dapat terkena masalah.

Alangkah lebih baik kalau Anda membayar seluruh tagihan pada awal bulan saat baru saja menerima gaji. Hal ini bertujuan untuk menghindari lupa membayar tagihan dan termasuk mempermudah Anda didalam mengatur keperluan bulanan.

  1. Jangan lupa menabung

Sebagai seorang karyawan tentu saja Anda harus hidup hemat agar tidak kehabisan uang dikemudian hari. Hidup hemat dapat diawali dengan cara menyisihkan gaji Anda untuk ditabungkan. Ya, cara menghemat uang belanja bulanan ini terbukti efektif untuk menekan pengeluaran yang tidak terlampau penting.

Menabung tidak harus banyak-banyak yang penting Anda rajin dan teratur menyisihkan uang tiap-tiap bulannya yaitu sesudah Anda menerima gaji. Yuk, budayakan hidup hemat bersama dengan cara menabung dan menjadi laksanakan investasi pada gaji bulanan Anda.

  1. Buat laporan keuangan harian

Meskipun Anda bukan lulusan di bidang akuntansi, tetapi membuat laporan keuangan harian merupakan sebuah cara yang harus untuk diterapkan oleh tiap-tiap karyawan. Tentu saja ada banyak sekali manfaatnya kalau Anda laksanakan cara menghemat uang belanja bulanan yang satu ini.

Dengan laksanakan cara tersebut, Anda dapat memahami kemana saja uang Anda selama ini dan Anda pun dapat menganalisa lebih kurang keperluan apa saja yang tidak harus Anda beli di bulan yang dapat datang.

  1. Bijak didalam mengfungsikan kartu kredit

Kartu kredit dapat saja menopang Anda didalam menghemat uang kalau digunakan secara bijak. Misalnya saja kartu kredit digunakan untuk promo barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari atau dapat juga digunakan untuk membayar tagihan-tagihan Anda seperti tagihan rumah, tagihan mobil atau motor dan termasuk tagihan yang lainnya.

Kartu kredit sebetulnya dapat memudahkan urusan Anda, tetapi tidak tetap demikianlah dikarenakan uang Anda dapat terkuras habis kalau menggunakannya secara sembarangan. Penggunaan yang tidak terkontrol justru dapat merugikan Anda. Untuk itu, kalau sebetulnya belum dapat mengfungsikan kartu kredit bersama dengan bijak, sebaiknya jangan menggunakannya.

  1. Gunakanlah air dan listrik bersama dengan bijak

Menghemat uang belanja bulanan termasuk dapat dikerjakan dengan cara mengfungsikan air dan listrik dengan bijak. Meskipun terbilang sepele, tetapi cara ini harus Anda laksanakan untuk menekan cost tagihan air dan listrik.

  1. Kurangi pemanfaatan kendaraan bermotor

Jika area kerja Anda dekat dengan rumah atau penginapan, tidak ada salahnya untuk berangkat kerja dengan berjalan kaki. Dengan begitu pengeluaran untuk belanja bahan bakar kendaraan jadi berkurang. Dengan berjalan kaki, Anda termasuk tidak dapat terjerat macet di jalanan yang dapat mengakibatkan terlambat masuk kerja.

Dengan berjalan kaki, Anda termasuk ikut berpartisipasi didalam mengurangi polusi hawa dan menjadikan tubuh lebih sehat.

  1. Gunakan kupon potongan harga atau promo untuk berbelanja

Tidak harus malu kalau Anda belanja suatu barang yang sedang ada potongan harga atau promo dikarenakan ini merupakan cara menghemat uang belanja bulanan yang paling jitu. Pintar-pintarlah didalam melacak informasi yang tentang promo atau potongan harga perihal barang-barang keperluan sehari-hari dan termasuk makanan.

Sekarang ini ada banyak sekali supermarket yang tawarkan kupon potongan harga ataupun kupon promo untuk costumer yang sudah memiliki kartu langganan. Untuk memperoleh informasi perihal promo dan diskon, silakan sering-sering kunjungi laman internet.

  1. Mencari penghasilan tambahan

Bagi Anda yang menjadi pendapatannya masih tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari padahal sudah laksanakan penghematan, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Dewasa ini ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang dapat kamu cobalah seperti jadi penulis lepas, berjualan online, berjualan pulsa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan bisnis sampingan tersebut kalau dikerjakan dengan serius dapat mendatangkan keuntungan yang lebih dari pekerjaan utama Anda. Bagaimana, berminat untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *