Masing-masing penutup atap terdiri atas pilihan, mulai dari genteng keramik, seng aluminium, fiberglass, hingga asbes. Namun, dalam penggunaan atap tersebut harus disesuaikan dengan rangka agar lebih kokoh dan terhindar dari kerusakan. Salah satu rangka yang kini digemari banyak orang adalah rangka atap baja ringan. Soal harga rangka atap baja ringan ini memang lebih mahal, tetapi memiliki kualitas mumpuni. Namun, apakan benar seperti itu? Artikel ini akan membagikan info penting perihal menentukan rangka atap baja ringan agar tidak tertipu.

Dalam menentukan harga rangka atap baja ringan Anda harus mengetahui informasi perihal dimensi/ukuran Reng (roof batten) dan C channel rangka yang nantinya dipasang. Semakin tebal/besar Reng dan C chann

renovatap.co2

el, berarti semakin besar beban yang bisa ditanggung oleh rangka atap baja ringan. Sebaliknya, makin kecil dimensi/ukuran C channel, makin minim kemampuan rangka menanggung beban penutup atap.

  • 075

Selain direkomendasikan untuk rangka atap baja menggunakan atap seperti itu dengan bentangan lebar. Dengan begitu penutup jenis ini bisa Anda aplikasikan ke jenis atap genteng keramik menggunakan bentang atap menengah (-/+7 meter).

  • 095

Angka ini direkomendasikan pada rangka atap baja ringan dengan penutup genteng beton dan genteng keramik dengan bentang atap panjang, hingga 9 meter.

  • 075

Angka ini direkomendasikan untuk jenis rangka baja ringan dengan jenis penutup seng, genteng metal, onduline, fiberglass, dan jenis penutup lainnya yang ringan. Penggunaan C71.075 dengan benyang lebar tetaplah aman karena rangka baja besi cukup kuat menanggung beban total atap.

Dalam pemasangan rangka atap baja ringan, Anda harus melakukan kalkulasi dan desai konstruksi rangka baja yang ingin dipasang. Acapkali kontraktor menggunakan perangkat khusus dalam pemasangan sehingga menjamin presisi material dan pemasangan rangka.

Itu saja informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga melalui artikel ini Anda bisa menentukan jenis rangka atap baja ringan yang terbaik. Dan perlu diingat, jangan memilih rangka atap baja ringan dengan imingi-iming harga murah supaya tidak menyesal di kemudian hari. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *