Polres

Kepolisian Resor atau yang disingkat(POLRES) adalah struktur comando Kepolisian Republik Indonesia di daerah Kabupaten/kota. Kepolisian Resor di perkotaan disebut dengan “Kepolisian Resor Kota” (Polresta).

 

www.kompolmas.tv

“Kepolisian Resor Kota Besar” (Polrestabes) digunakan untuk ibu kota provinsi. “Kepolisian Resor” dikepalai oleh seorang Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), “Kepolisian Resor Kota” dipimpin oleh seorang Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta), “Kepolisian Resor Kota Besar” dipimpin oleh seorang Kepala Kepolisian Resort Kota Besar (Kapolrestabes).

Polres memiliki satuan tugas kepolisian yang lengkap, layaknya Polda, dan dipimpin oleh seorang Komisaris Besar Polisi (Kombes) (untuk Polrestabes/Polresta)Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) (untuk Polres).

Polres adalah sub-unit dibawah polri yang mempunyai wilayah hukum setingkat kabupaten/kota.Sebagaimana dengan polda,polsek,dan polres juga memiliki beberapa tipe sesuai dengan kondisi wilayah dan tingkat kerawaan..Tipe polres di Wilayah Kepolisian Republik Indonesia adalah

1. Polres Metro:Adalah polres diwilayah ibukota atau polda metro jaya dipimpin oleh kombes pol yang sudah berpengalaman atau senior
2. Polrestabes: dalah singkatan dari Polres Kota Besar, adalah Polres yang berada pada Ibukota Provinsi (contoh: Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dll.) dipimpin oleh Kombes Pol yang sudah menjabat minimal 3 tahun.
3. polrestra: dalah singkatan dari polres kota, dimana polres ini berada di kabupaten/kota yang mempunyai tingkat kerawanan lebih tinggi dari kota/kabupaten lain. Polresta diketuai oleh KomPolyang baru naik pangkat (junior)
4. Polres : adalah yang banyak pada tingkatan kabupaten kota, Polres dipimpin oleh seorang AKBP.
Polres bertugas menyelenggarakan tugas pokok polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,menegakan hukum,serta memberika perlindungan,pengayoman,dan pelayanan kepada masyarakat dan melaksanakan tugas tugas polri lainnya dalam daerah hukum polres,sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.
FUNGSI POLRES ADALAH SEBAGAI BERIKUT

1. Pemberian pelayanan kepolisian kepada masyarakat,dalam bentuk penerimaan dan penanganan laporan/pengaduan,pemberi bantuan atau pertolongan
2. Pelaksanaan fungsi intelejen dalam bidang keamanan guna terselenggaranya deteksi dini dan peringatan dini.
3. Penyelidikan dan penyidikan tindak pidana,fungsi identifikasi dan fungsi laboratorium forensik lapangan dalam rangka penegakan hukum,serta pembinaan,koordinasi,dan pengawasan penyidik pegawai negri sipil(PPNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *