Apabila saat ini anda sedang membutuhkan informasi mengenai simpangan baku maka silahkan klik disini rumus.co.id atau simak penjelasan ini sampai selesai. Apakah anda sudah tahu mengenai simpangan baku? Simpangan baku merupakan sebuah teknik statistik yang digunakan untuk jelaskan homogenitas.

rumus.co.id

Standar deviasi merupakan berupa nilai statistik yang digunakan dalam penentuan sebuah data pada sampel yang didistribusikan. Selain itu untuk mengetahui seberapa dekat setiap titik data dengan nilai rata-rata. Namun sebelum kita membahas formula standar deviasi maka anda haru paham tentang nilai standar deviasi harus sama dengan 0 (nol). Jadi ketika nilainya sama dengan nol maka semua nilainya sama. Namun ketika nilai simpangan baku lebih kecil atau lebih besar maka hal ini menandakan kalau titik data individu tersebut masih jauh dari nilai rata-rata.

Apabila anda ingin mencari nilai baku maka anda harus melakukan proses :

  1. Menghitung nilai rata-rata yang ada pada setiap titik data yang ada
  2. Mengumpulkan data yang sudah terdapat nilai yang rata-ratanya sama
  3. Langkah selanjutnya membagi dengan jumlah semua titik pada data tersebut

Mengenal fungsi simpangan baku

Kita ketahui bersama kalau simpangan baku ini secara umum biasanya digunakan oleh para ahli statistik untuk mengetahui dan memastikan kalau sampel data untuk mewakili semua populasi. Mencari data yang cocok untuk sebuah populasi memang sulit untuk kita lakukan. Maka dari itu dibutuhkan sampel data yang mampu mewakili semua populasi. Kalau anda sudah berhasil menemukan sampel data yang tepat maka hal ini akan memudahkan anda dalam melakukan penelitan.

Kita ambil contoh saja ketika anda membutuhkan data tinggi badan anak usia 7-9 tahun di suatu desa. Langkah pertama anda harus mencari data tinggi badan beberapa anak di desa tersebut, kemudian menghitung rata-ratanya serta simpangan baku. Dari perhitungan itu maka akan keluar nilai yang dapat mewakili data seluruh populasi.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai simpangan baku untuk mengetahui nilai yang dapat mewakili seluruh populasi. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang ilmu statistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *